≡ Menu

Cara Membersihkan Usus Dan Mengapa Ini Bermanfaat Untuk Anda.

Pencernaan merupakan salah satu sistem dalam tubuh kita yang termasuk paling penting. Sistem percernaan memastikan semua proses dari makan hingga ekskresi berjalan dengan baik dalam tubuh kita.

Proses pencernaan yang baik akan terlihat dari tubuh yang sehat, siklus buang air besar yang lancar, dan tidak adanya gangguan pencernaan ataupun timbunan lemak pada bagian tubuh dikarenakan kelebihan asupan makanan atau tidak terserap dengan baik asupan yang masuk ke tubuh.

membersihkan-ususPentingnya sistem pencenaan dan fungsinya bagi tubuh, maka kesehatan saluran pencernaan juga harus menjadi prioritas yang tidak bisa ditinggalkan.

Misalnya dengan menjaga konsumsi makanan setiap harinya, olahraga dan lain sebagainya. Apabila tidak dilakukan dengan baik pola hidup sehat maka akan berakibat usus menjadi kotor.

Jika sudah begitu maka anda harus mencari cara membersihkan usus supaya sistem percernaan anda berjalan dengan baik lagi.

Usus besar meripakan bagian sistem percernaan yang bertanggung jawab untuk mengekstraksi asupan makanan yang dicerna tubuh seperti karbohidrat, garam, mineral, air, dan lain sebagainya.

Bersama dengan usus halus, usus besar juga berfungsi untuk menghancurkan materi padat makanan yang masih terbawa dan tidak terekstraksi dengan baik pada usus halus.

Jika usus besar harusnya membersihkan sis makanan dan membuangnya, namun saat banyak kotoran yang bersarang di usus besar maka akan berakibat pada kesehatan usus besar yang nantinya akan menyerap sisa – sisa makanan yang mebgandung racun.

Bagaimana ciri – ciri usus yang tidak sehat dan bagaimana cara membersihkan usus yang disarankan? Simak ulasan berikut.

Usus yang tidak sehat bisa menyebabkan banyak sekali penyakit. Baik penyakit tersebut berkaitan dengan saluran pencernaan ataupun yang tidak berkaitan dengan saluran pencernaan.

Sehingganya penting untuk membersihkan usus dengan cara  – cara yang sehat dan aman bagi tubuh anda. Ciri – ciri usus yang tidak sehat antara lain bisa diperhatikan dari gejala – gejala ini:

  • Muntah dan mual
  • Sakit perut, perut kembung, dan perut bergas
  • Infeksi pada daerah kewanitaan
  • Infeksi pada kulit seperti ruam – ruam
  • Nyeri otot dan sendi
  • Kekebalan tubuh menurun, dan lain – lain.

Gejala di atas memang cenderung bersifat general, namun jika anda memang merasa bahwa selama beberapa hari belum buang air besar dan perut terasa penuh dan begah, segeralan periksakan diri anda.

Untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus anda supaya tidak terjadi komplikasi lanjutan.

Namun tentunya dengan berkonsultasi dengan dokter dan mengambil tindakan medis akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan beberapa orang mungkin malu berkonsultasu tentang masalah pencernaannya.

Nah kalau begitu langkah yang bisa diambil adalah dengan mencegah sebaik – baiknya keadaan konstipasi ini dengan melakukan beberapa cara.

Hal ini biasanya merupakan pola hidup sehat yang sudah sering kali kita dengar di TV atau di buku – buku bacaan dan majalah, namun tidak ada salahnya kita ulas sekali lagi.

  1. Makanan Pembersih Usus

Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat kita harus memastikan bahwa usus kita bersih dari kotoran sehingga tidak menyebabkan timbunan kotoran yang terlalu banyak yang menyebabkan sembeli atau kotoran terserap kembali ke aliran darah yang akan berakibar pada kesehatan tubuh.

makanan-pembersih-usus

Bekas kotoran yang terserap kembali ini menjadi racun bagi tubuh. Diantara banyak makanan yang bisa menjadi cara membersihkan usus dengan efektif ada beberapa yang ternyata adalah jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Apa sajakah makanan tersebut?

Kembang Kol dan Brokoli. Kembang kol dan brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki tingkat kandungan serat paling banyak diantara sayuran lainnya.

Tingkat kandungan serat yang tinggi ini akan membantu tubuh kita untuk memproses makanan yang ada di sistem percernaan kita agar lancar dan tidak mengalami sembelit.

kembang-kol-dan-brokoli

Jus Apel. Mengonsumsi jus apel setiap hari pada pagi atau malam hari sangat baim untuk membantu proses pencernaan pada tubuh kita.

Fungsi dari jus apel antara lain adalah membersihkan usus, emndorong gerakan usus untuk mengekskresi kotoran, meningkatkan kinerja hati, dan membuang racun yang tidak berguna bagi tubuh. Cara untuk membersihkan usus dengan jus apel ini paling baik jika jus apelnya dibuat sendiri.

jus-apel

Namun jika anda adalah tipe orang yang sibuk, maka anda bisa membeli jus apel kemasan. Hindari membuat jus apel yang bergula karena gula akan menambah kalori.

Jeruk Lemon ditambah Air Hangat. Pada dasarnya saat kita mengonsumsi jeruk lemon tubuh kita akan distimulasi untuk menghasilkan empedu yang akan berfungsi membantu sistem percernaan sebagai salah satu cara membersihkan usus.

jeruk-lemon

Caranya adalah denagn mencampurkan sari jeruk lemon segar dengan air hangat. Dengan meminumnya setiap pagi hari, jeruk lemon dan air putih hangat bisa mendektosisifkasi tubuh dan mengeluarkan kotoran dalam tubuh.

Jus Sayuran. Tadi kita sempat menyebutkan bahwa sayuran sangat baik manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan pencernaan. Banyak pula jenis sayuran yang mengandung serat tinggi dan vitamin serta kadar air yang tinggi untuk membantu proses pencernaan dan pembersihan usus.

jus-sayuran

Jika anda adalah orang tua dari anak yang tidak suka makan syaur, maka masalahnya bukan sayuran apa yang akan dikonsumsi, namun bagaimana cara menyajikan sayuran tadi sebagai makanan (atau minuman) yang bersahabat untuk dikonsumsi oleh anak – anak.

Salah satunya yang sudah lama dikenal dengan luas adalah dengan mengonsumsi jus sayuran. Dengan mencampur beberapa sayuran dengan khasiat untuk membersihkan usus, anda akan bisa melancarkan proses buang air besar. Membersihkan usus ala jus sayuran ini sangat bersahabat untuk dikonsumsi oleh anak – anak.

Teh Hijau. Teh hijau sangat dikenal dengan tingkat antioksidan yang tinggi dan bisa membantu detosifikasi tubuh kita, mengurangi nafsu makan yang berlebih, dan menurunkan berat badan secara alami.

Untuk membersihkan usus dengan teh hijau adalah dengan meminum tiga cangkir teh hijau setiap hari bisa mengurangi lemak jahat, meningkatkan metabolisme, dan menjaga tubuh agar selalu sehat.

teh-hijau

Meminum Air Putih

Air putih merupakan asupan tubuh yang sangat penting. Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air sehingga kekurangan cairan bisa menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi tidka berjalan dengan lancar.

meminum-air-putih

Air juga sangat penting bagi sistem pencernaan tubuh yang bisa membantu usus besar untuk memproses makanan yang masuk ke lambung dan diproses untuk diserap oleh tubuh dan sisanya di buang.

Kekurangan air bisa menjadi masalah sembelit. Susah buang air besar akan membuat anda merasa begah. Bisa juga berakibat pada sakit perut, mual, dan muntah.

Cara membersihkan usus dengan minum air putih yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergisi dan berserat tinggi sangat baik bagi tubuh dan juga efektif bagi pembersihan usus.

Mengonsumsi susu dan olahan susu

Susu dan olahan susu memiliki tingkat probiotik yang tinggi dan dikenal dengan bakteri positif yang berfungsi membantu melancarkaan pencernaan dan mengenalkan bakteri baik ke saluran pencernaan kita.

susu-dan-bahan-olahan-susu

Dalam hal ini juga mengonsumsi susu dan olahan susu seperti yoghurt sangat membantu untuk menghindari radang usus. Porsi makan youghurt yang disarankan adalah antara 2 – 3 sendok makan per harinya.

Garam dan Air Hangat di Pagi Hari

Jika kita mengenali air  – gula – garam pada sekolah dasar sebagai penyusun utama larutan oralit untuk menghentikan diare, maka campuran air hangat saja dan garam akan bisa berguna untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus.

garam-dan-air-hangat

Caranya adalah dengan mencampurkan satu gelas air yang di didihkan dan satu sendok makan garam. Setelah diaduk merata, minumlah larutan ini di pagi hari, berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus.

Aloe Vera

Pasti banyak dari kita yang berfikit aloe vera kan lidah buaya yang digunakan untuk menghaluskan dan menguatkan rambut, bagaimana bisa aloe vera bermanfaat untuk membersihkan usus.

Bagaimana caranya? Aloe vera sendiri dikenal dengan tumbuhan yang bermanfaat sebagai penumbuh rambut, perawatan kulit, dan juga penyembuh luka. Nutrisi aloe vera juga sangat dikenal sebagai pencegah kanker usus besah yang sangat berbahasa bagi tubuh.

aloe-vera

Manfaat aloe vera adalah untuk membersihkan racun dari usus besar. Jika tidak dibersihkan racun di usus besar bisa berakibat menurunnya kekebalan tubuh dan bisa jadi menyebabkan kanker usus besar.

Konsumsi aloe vera baik dalam bentuk jus, bubuk, maupun pil suplemen sama – sama bermanfaat untuk membersihkan usus besar dari sisa – sisa kotoran yang tidak terbawa saat buang air besar.

Jahe

Sebagian mengenal jahe sebagai obat untuk masuk angin atau menjaga tubuh agar selalu hangat. Meminum air jahe atau susu jahe bisa membantu menghangatkan tubuh dan menghindari gas berbahasa dan beracus yang berada di perut dan usus. Konsumsi jahe pada minuman hangat dan pada makanan sangat dianjurkan dalam dosis yang wajar.

jahe

Bawang Putih

Bumbu dapur yang cukup banyak digunakan untuk masakan sehari – hari oleh banyak orang ini ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan usus. Cara membersihkan usus dengan bawang putih adalah dengan menggerus bawang putih ini dan mengonsumsinya langsung.

bawang-putih

Namun bnayak orang yang tidak menyukai baunya sehingga banyak yang memilih untuk mencampur bawang putih pada makanan. Anti oksidan yang ada pada bawang putih juga sangat bermanfaat untuk menangkal efek butuk dari racun yang terdapat di tubuh akibat sisa – sisa pencernaan.

Ada pula ramuan alami yang bisa digunakan untuk menjadi obat jitu melancarkan buang air besar. Seperti telah disebutkan di atas bahwa ada campuran air hangat dan jeruk lemon.

Bagaimana cara membuatnya?

Berikut resep singkat bagaimana cara membersihkan usus dengan meracik sendiri jeruk lemon dan air hangat. Pertama – tama siapkan perasan separuh buah lemon; 2 sendok makan madu; 1 liter air hangat matang; dan seujung sendok bubur merica.

Caranya adalah campurkan semua bahan ini secara bersamaan dan aduk hingga merata. Dengan membuat 1 liter racikan lemon, anda bisa menggunakan campuran ini untuk diminum hingga 10 hari. Minumlah setiap pagi untuk membantu metabolisme tubuh sepanjang hari.

Jika cara membersihkan usus dengan lemon kurang cocok dengan anda, maka ada cara lain yaitu dengan menggunakan ramuan dari biji pepaya. Bibi pepaya yang sudah dipersihkan lalu anda jemur di udara terbuka semana dua hingga tiga hari hingga benar – benar kering.

Lalu hasil bibi pepaya yang sudah kering ini ditumbuk atau diblender hingga halus dan menjadi bubuk. Cara membuan ramuannya adalan dengan mencampur satu sendok the biji pepaya bubuk dengan satu gelas air hangat. Minum sebanyak 2 gelas setiap harinya selama dua minggu.

Ramuan ini banyak manfaatnya adalah untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus supaya buang air besar menjadi lebih lancar dan tidak terjadi sembelit.

Sebagaimana kita sebutkan di atas ada juga cara membersihkan usus yang lebih simple dengan membuat larutan air dan garam. Larutan yang sangat mudah di buat ini membuat anda bisa menjalani hari dengan perut yang lebih enteng setelah buang air besar dengan lancar.

Cara membuat larutan ini adalah dengan mencampur satu sendok makan garam dengan air panas satu gelas. Setelah mengaduk larutan ini segeralah di minum, sangat baik larutan ini di minum pada pagi hari sebelum anda mulai beraktifitas.

Sebagai gantinya jika anda kurang menyukai jenis larutan ini, adalah dengan rajin – rajin mengonsumsi jus buah – buahan seperti apel, kiwi, dan lemon, atau bisa juga digantikan dengan jus sayur – sayuran hijau yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Sayuran yang kaya akan serat antara lain adalah brokoli dan kembang kol.

Selain makanan dan suplemen yang bisa membantu melancarkan pencernaan, jangan lupakan juga pola hidup sehat dan  menghindari makan makanan yang dijual di pinggir jalan.

Makanan yang ada di jalanan biasanya kurang terjaga kebersihannya dan berpotensi membawa masuk kuman penyakit dan bakteri – bakteri jahat yang akan mengganggu saluran cerna kita.

Dengan makanan yang tidak higines dan pola hidup yang kurang sehat dan jarang mengonsumsi air putih akan menyebabkan diare atau malah sembelit. Pola hidup sehat harus anda mulai dari diri sendiri dan sedini mungkin.

Olahraga kecil tanpa harus menyita waktu bisa sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan lancarnya pencernaan. Dengan olahraga maka peredaran darah menjadi lancar, nutrisi terserap sempurna, dan fungsi – fungsi organ tubuh pun bisa berjalan dengan lancar.

Makanan yang bersih dan sehat serta kaya serat akan membantu membersihkan usus kita. Namun jika anda memiliki masalah konstipasi dan usus kotor yang cukup parah, maka ada baiknya berkonsultasi pada ahli.

Bagi yang mengalami masalah konstipasi berat dan membutuhkan bantuan ahli, sebaiknya sebelum membeli obat apapun yang dijual secara bebas, temui terlebih dahulu ahli di bidang pencernaan dan konstipasi untuk berkonsultasi mengenai masalah metabolisme tubuh anda dan masalah pencernaan yang tidak lancar.

Karena bisa jadi masalahnya bukan hanya mengenai pola makan dan asupan air dan serat tetapi ada hal lainnya. Hanya setelah berkonsultasi kepada spesialis atau dokter yang berlisensi, anda akan disarankan untuk mengambil tindakan medis tertentu.

Ada yang menyarankan untuk meminum obat tertentu untuk melancarkan kembali pencernaan anda, namun ada pula yang memberikan solusi untuk melakukan irigasi usus. Namun hal ini biasanya akan berlangsung cukup lama sekitar dua jam dan kurang nyaman bagi sebagian orang. Jadi jagalah pola hidup sehat dan asupan serat yang cukup untuk menghindari konstipasi dan susah buang air besar.

Yuk Bagikan Agar Teman-teman Kalian Mengetahuinya

Comments on this entry are closed.