≡ Menu

Jenis Kegemukan dan 8 Cara Mengecilkan Badan Secara Alami

cara-menurunkan-berat-badan-cepat-alami

Mengecilkan badan merupakan hal yang lazim dilakukan oleh orang – orang yang merasa tubuhnya kelebihan berat badan.

Mengecilkan badan juga bisa dilakukan oleh olahragawan atau atlet yang akan mengikuti kompetisi atau kejuaraan yang dibagi berdasarkan klasemen berat badan.

mengecilkan-badan

Pada tahap tersebut, atlet harus memastikan berat badannya masuk ke dalam kelas yang dituju olehnya.

Sementara beberapa orang lainnya berusaha menguruskan badan karena alasan kesehatan, misalnya karena kelebihan kolesterol yang mungkin menyebabkan kesulitan bernapas dan pingsan.

Begitu banyak alasan orang untuk mengecilkan badan sehingganya banyak pula cara – cara untuk mengecilkan badan, baik itu secara alami, dengan menggunakan obat – obatan kimia, atau bahkan dengan operasi.

Semua tentunya membutuhkan komitmen, dana, dan waktu yang berbeda – beda antara satu sama lain.

Namun sebelum kita memperlajari bagaimana cara mengecilkan badan dengan sehat dan alami, ada baiknya kita pelajari dulu penyebab kegemukan dan jenis – jenis kegemukan supaya anda tidak salah mengembil cara untuk mengecilkan badan yang tepat dan sesuai dengan kasus anda.

Penampilan merupakan hal yang sangat penting hampir bagi semua orang, meskipun banyak yang berkata bahwa “penampilan tidak masalah, yang penting personality”.

Eits! Jangan salah, tanpa sadar kita juga memperhatikan penampilan luar seseorang sebelum kita menentukan kesan pertama yang kita tangkap dari orang tersebut.

Orang dengan postur tubuh yang baik, berat badan ideal, tampak aktif, dan bersih tentunya lebih menarik dibandingkan orang yang penampilannya lesu, lusuh, dan tampak kotor.

Nah pentingnya penampilan ini mengarahkan kita pada satu masalah yang berkaitan dengan penampilan yaitu kegemukan.

Seperti telah dijelaskan di atas, kegemukan ternyata ada jenisnya, dan sesuai dengan jenisnya tersebut kita bisa mengkategorikan mana langkah diet alami yang sehat dan bisa diterapkan pada jenis – jenis kegemukan tertentu.

Hal ini semakin berpengaruh pada hasil akhir yang anda tuju untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan sehat. Apa sajakah jenis – jenis kegemukan?

kegemukan-tipe-android

Jenis kegemukan dibagi berdasarkan penyebaran lemak ada dua macam yaitu tipe android dan tipe ginoid.

Kegemukan tipe android

Kegemukan tipe android biasanya tampak pada orang dengan tubuh berpostur apel, dimana kegemukan banyak ditemukan di bagian atas tubuh misalnya dada, pundak, lengan, leher dan muka.

Jenis kegemukan ini membuat tubuh anda terlihat kecil dibandingkan bagian atas tubuh.

Menurut penelitian, kegemukan tipe ini banyak muncul pada usia lanjut atau pada pria dan wanita yang telah memasuki masa menopouse.

obesitas-tipe-apel

Karena timbunan lemak yang berada di bagian atas tubuh, menyebabkan orang dengan kegemukan tipe android ini lebih rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan metabolisme glukosa misalnya kolesterol, diabetes, jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan pendarahan otak.

Tampak seram memang, belum lagi pada wanita, kegemukan tipe android ini menyebabkan wanita memiliki resiko 6 kali lebih besar untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan ornag dengan postur tubuh normal, atau tidak gemuk.

Meski resiko mengidap penyakit kronis cukup besar, namun orang dengan kegemukan tipe android ini ternyata lebih mudah untuk mengembalikan bentuk tubuh, atau mengecilkan tubuh dengan bantuan diet yang tepat dan olahraga.

Tipe dietnya akan kita bahas selanjutnya.

Kegemukan tipe ginoid

Kegemukan tipe ginoid ini bisa dibilang kebalikan dari kegemukan tipe android.

Jika kegemukan tipe android menyimpan kelebihan lemak pada bagian atas tubuh, maka kegemukan tipe ginoid ini menyimpan lemak pada bagian bawah tubuh seperti misalnya perut, pada pinggang, pinggul, dan pantat.

Kegemukan tipe ginoid ini menyerang mereka yang memiliki bentuk tubuh buah pir.

Secara general, kegemukan tipe ginoid biasanya tidak mudah terserang penyakit kronis seperti pada kegemukan tipe ginoid, namun di sisi lainnya, kegemukan tipe ginoid sangat sulit untuk diturunkan berat badannya.

Hal ini disebabkan oleh sulitnya mengalami metabolisme pada tubuh bagian bawah.

Bukan hanya kegemukan yang disebabkan oleh sebaran lemak saja, ada juga kegemukan yang disebabkan oleh kondisi dan ukuran sel lemak.

Mungkin banyak yang belum pernah mendengar mengenai hal ini.

Jenis kegemukan ini dibagi dalam 3 tipe kegemukan yaitu tipe kegemukan hiperlastik, kegemukan tipe hipertropik, dan kegemukan tipe hiperlastik – hipertropik. Mari kita bahas jenis – jenis kegemukan ini.

Kegemukan tipe hiperlastik

Kegemukan dengan tipe hiperlastik biasanya disebabkan karena jumlah sel lemak yang ada di tubuh anda lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal tubuh ideal.

Ukuran sel sama satu dengan yang lainnya hanya saja jumlahnya yang banyak. Keadaan ini baisanya menyerang pada masa kanak – kanak dan cukup sulit diturunkan berat badannya. Jikapun bisa, maka sifatnya sementara.

Kegemukan tipe hipertropik

Kegemukan tipe hipertropik adalah kegemukan yang disebabkan karena ukuran sel lemak.

Jumlahnya mungkin sesuai dengan jumlah sel lemak yang ada pada ukuran tubuh normal namun ukuran sel ini lebih besar dari sel – sela lemak lainnya yang menyebabkan kegemukan.

Kegemukan tipe ini terjadi pada orang dewasa dan cukup mudah diturunkan dengan melakukan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur.

Namun tipe kegemukan hipertropik jika dibiarkan akan mudah terserang penyakit tekanna darah tinggi dan kolesterol.

Kegemukan tipe hiperlastik – hipertropik

Kegemukan ini biasa juga dikenal dengan kegemukan tipe campuran. Kegemukan yang berlangsung dari masa kanak – kanak yang berlangsung hingga dewasa.

Jenis kegemukan ini bukan hanya dikarenakan ukuran sel tetapi juga jumlah sel.

Tentunya lebih sulit untuk mengecilkan tubuh jika sudah terkena kegemukan tipe ini, dan resiko terkenal penyakit menjadi lebih besar.

Komitmen yang besar dan dedikasi waktu harus dilakukan jika ingin menurunkan berat badan yaitu dengan pola hidup sehat, diet alami, dan juga olahraga teratur.

Jenis kegemukan lainnya yang harus kita pahami sebelum memulai membahas mengenai diet sehat adalah jenis kegemukan yang dibagi berdasarkan usia seseorang.

Ada tiga jenis kegemukan pada tipe ini yaitu kegemukan pada masa bayi, kegemukan pada masa anak – anak, dan kegemukan pada masa dewasa. Semua berkaitan dengan gaya hidup yang pastinya akan anda setujui penyebab  – penyebabnya. Berikut ulasannya.

Kegemukan pada masa bayi

Kegemukan yang muncul pada masabayi sebagian besar disebabkan karena ketidak tahuan orang tua mengenai asupan gizi yang baik bagi bayi dan asumsi bahwa setiap kali bayi menangis pasti artinya lapar.

kegemukan-pada-bayi

Sementara dokter anak menyatakan bahwa alasan bayi menangis bisa berbagai macam selain karena alasan lapar.

Bisa jadi bayi menangis karena ada bagian tubuhnya yang sakit, suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, atau karena mengompol dan bajunya basah.

Banyak sekali alasan tangisan bayi, sehingga orang tua tidak bisa langsung mengasumsikan bahwa bayi yang menangis dikarenakan lapar.

Pada masa 6 bulan pertama usia bayi adalah masa pertumbuhan yang pesat namun juga menjadi masa timana tubuh bayi menumbun lemak paling banyak.

Satu pertiga bayi yang ketika kecil mengalami kegemukan berlebih, ternyata mengalami kegemukan juga pada saat dewasa. Sehingga penting bagi orang tua untuk memperhatikan asupan nutrisi, kadar asupannya, dan perilaku bayi.

Kegemukan pada masa anak – anak

Kegemukan pada masa anak – anak ini sangat berkaitan dengan pola hidup yang diajarkan oleh orang tuanya.

Jika anak dibiasakan untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat, jajan sembarangan, atau diperbolehkan membeli jajanan makan cepat saji, maka kegemukan akan sangat mudah terjadi.

penyebab-obesitas-pada-anak

Selain itu kebiasaan membiarkan anak bermain di dalam rumah dengan komputer dan gadget ini juga berbahaya. Anak jadi terbiasa tidak melakukan kegiatan yang membakar kalori.

Membiasakan anak selalu naik kendaraan kemanapun pergi juga tidak selalu baik. Berjalan kaki, olahraga, dan bermain di luar ruangan bersama teman – temannya akan sangat baik bagi anak untuk menghindari kegemukan.

Kegemukan pada masa dewasa

Pada masa dewasa penyebab kegemukan lebih dikarenakan waktu yang banyak dihabiskan untuk bekerja.

Sebagian besar orang mendapatkan peerjaan yang mengharuskannya berada di dalam ruangan dari pagi hingga sore hari. Setelahnya tidak banyak kegiatan yang dilakukan di rumah sepulang beraktifitas.

Tubuh menjadi kuang bugar dan aliran darah kurang lancar serta pembakaran kalori tidak maksimal.

kegemukan-dewasa

Ditambah juga dengan kegiatan seperti makan siang dan makan malam bisnis, pesta – pesta yang biasanya dihadiri untuk tujuan bisnis tentunya sulit untuk ditinggalkan.

Cara paling tepat adalah melakukan olahraga kecil setiap hari sebelum beraktifitas atau sebelum tidur dan mengalokasikan waktu sekali seminggu untuk berolahraga supaya tubuh selalu bugar.

Setelah memahami jenis – jenis kegemukan dan penyebabnya, sekarang sudah tahu kegemukan jenis mana yang paling menunjukkan ciri – ciri seperti yang anda alami?

Jenis kegemukan ini bisa juga merupakan campuran dari beberapa jenis kegemukan yang sudah dituliskan di atas loh.

Jadi jangan takut untuk mengenali kegemukan anda selama anda berkomitmen untuk mengurangi kegemukan ini dengan merubah pola hidup anda.

Baca juga : Penyebab Gemuk dan Cara Diet Alami Dan Sehat

Nah sekarang kita akan bahas cara mengecilkan badan secara alami, ada beberapa langkah penting dan mudah dilakukan untuk mengecilkan tubuh anda terutama bagian – bagian tertentu seperti perut, paha, dan lengan yang paling banyak menyimpan lemak.

Melakukan Diet Sehat

Dari berbagai jenis diet yang kita kenal, apakah diet yang anda lakukan sudah tepat dengan kebutuhan anda.

Diet dilakukan bukan sekedar dengan proses mengurangi jatah makan atau bahkan tidak makan sama sekali.

diet-sehat

Bukan hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, tetapi melakukan diet yang ekstrim dan tanpa panduan yang diberikan oleh ahli gizi sesuai dengan kebutuhan anda bisa berakibat sangat fatal yaitu anoreksia dan bulimia.

Kedua hal ini bukan hanya disebabkan oleh diet yang tidak sehat tetapi juga keinginan besar untuk kurus yang tidak sesuai dengan realita.

Jika anda menargetkan untuk menurunkan 1-2 kg perbulan masih masuk akal, namun jika anda menargetkan 5 kg perbulan, hal ini sangat berbahaya. Lazimnya dalam seminggu tubuh maksimal kehilangan tidak lebih dari 1% dari berat tubuh total.

Jika lebih dari itu sudah akan menunjukkan gejala kelainan anoreksia.

Jika diikuti dengan perilaku membuang makanan dan menghindari jam makan, atau memuntahkan makanan yang baru dimakan maka ada indikasi terkena bulimia.

Diet sehat harus dimulai dengan pikiran yang sehat dan target yang realistis untuk dicapai sehingga tidak merasa marah atau kesal jika gagal mencapai target dan akhirnya melakukan diet yang tidak sehat.

Jika sudah terkena gangguan makan anoreksia dan bulimia ini kemungkinan buruk lainnya mengikuti.

Tahukah anda bahwa anoreksia merupakan menyebab bunuh diri terbesar yang berkaitan dengan kelainan makan dan mental, terutama pada remaja dan wanita. Lakukan diet secara bertahap dan teratur.

Buah dan Air Putih

Mengonsumsi buah – buahan dan air yang cukup sangat membantu dalam cara mengecilkan badan dan perut. Apa hubungannya dengan perut?

Pastilah kita semua baik yang pria maupun wanita pernah mengalami masalah perut buncit.

Nah buah – buahan yang kaya akan serat dan vitamin dan air yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan akan menjadi perpaduan yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin pencernaannya lancar dan menghindari timbunan kotoran di usus besar yang membuat perut anda tampak buncit.

buah-dan-air-putih

Tak perlu khawatir tidak sempat. Jika anda tidak telaten untuk memotong buah dan membawanya ke tempat kerja, maka luangkan waktu pada pagi dan malam hari untuk membuat jus rumahan dengan buah – buahan dan sayuran yang anda miliki di rumah dan minumlaha jus buah dan sayur tersebut.

Ini merupakan cara paling sederhana. Namun jika anda bisa meluangkan waktu untuk menyiapkan bekal, bawalah satu atau dua apel atau jenis buah – buahan lainnya yang bisa anda makan saat waktu senggang sebagai ganti snacking.

Karena snacking ini meski tampaknya kecil, namun bisa jadi kalori yang dikandung lebih tinggi daripada yang anda kira.

Olahraga dan Istirahat

Penimbunan lemak pada bagian – bagian tubuh biasanya disebabkan oleh kurangnya aktifitas kita yang dikarenakan oleh kurang aktifitas dan kalori yang tidak terbakar menjadi lemak dan menambah kegemukan anda.

Melakukan olahraga bisa dilakukan dengan hal yang simple seperti jogging ringan, berenang, atau senam di pagi hari.

Jika anda memiliki cukup waktu luang bisa gunakan waktu tersebut untuk pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan kegiatan ekstensif dengan bantuan dari pemandu gym.

Trainer di gym biasanya memberikan saran untuk jenis olahraga apa yang bisa anda lakukan untuk mencapai berat tubuh target anda.

Selain olahraga, jangan lupa juga untuk mencukupkan istirahat dan tidur di malam hari. Jika anda kurang tidur di malam hari akan berakibat pada badan lesu dan tidak segar di pagi atau siang hari.

Mengurangi produktifitas anda dan menurunkan daya tahan tubuh karena badan anda tidak mendapatkan porsi istirahat yang cukup.

Lada dan Merica

Mengonsumsi lada dan merica dipercaya bisa membantu membakar lemak yang ada di tubuh kita saat kita sedang tertidur.

Biasanya setelah kita makan makanan yang penas dan panas di malam hari, pada pagi harinya kita akan terburu – buru ke kamar mandi untuk buang air besar.

lada-dan-merica

Nah porsi lada dan merica yang sedang, (tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak) ternyata bisa sangat bermanfaat bagi usus besar anda untuk membakar lemak dan memadatkan feses sehingga mudah dikeluarkan pada pagi harinya.

Langkah – langkah untuk mengecilkan bentuk tubuh memang tidak datang begitu saja dengan pisau operasi.

Emmang banyak yang memilih jalur ini karena prosesnya cepat, namun hasil yang diberikan pun tidak optimal dan tidak menjamin anda bertahan pada bentuk tubuh tersebut.

Yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan memulai setahap demi setahap dengan pola hidup sehat, asupan makanan yang terjaga dan juga olahraga yang teratur.

Yuk Bagikan Agar Teman-teman Kalian Mengetahuinya

Comments on this entry are closed.