≡ Menu

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Diabetes Dan Pengobatannya

diabetes

Saat ini penyakit sudah bermacam-macam jenisnya dan tentunya mengganggu kehidupan seseorang. Dengan tubuh yang terserang penyakit tersebut tentunya menjadi satu hal yang cukup mengkhawatirkan.

Dan salah satu penyakit yang cukup berbahaya saat ini yaitu gula darah atau Diabetes yang merupakan penyakit karena gaya hidup yang tidak seimbang.

Tentunya hal ini membuat sebagian orang yang gemar mengkonsumsi makanan manis menjadi semakin waspada karena efeknya yang cukup buruk.

apa itu diabetes

Selain dari gaya hidup yang tidak seimbang, juga banyak hal lainnya yang menjadikan Diabetes terjadi baik itu dari turunan atau hal lainnya yang pada akhirnya berdampak pada tubuh seseorang dan mengakibatkan terjadinya penyakit Diabetes yang membuat ketahanan tubuh seseorang lemah.

Apa Itu Penyakit Diabetes

Pengertian Diabetes yaitu suatu merupakan penyakit yang mana tubuh tak mampu menghasilkan hormone untuk mengatur gula dalam darah atau insulin dan tidak dapat mencukupi atau hormone gula darah tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal.

Hal ini tentunya membaw pengaruh yang besar, karena dengan adanya gula insulin yang tidak dapat bekerja dengan baik, maka menyebabkan kelebihan gula darah yang kita sebut Diabetes.

Dan itu sebabnya, sangat perlu untuk memeriksakan tubuh dengan penanganan yang tepat agar Diabetes tak bertambah semakin parah. Diabetes sendiri terbagi dalam 2 jeni yang berbeda maknanya, dan berikut tipe-tipe Diabetes :

• Diabetes Tipe Pertama

Untuk tipe ini merupakan suatu kondisi yang mana tubuh sudah tidak dapat memproduksi hormone pengatur gula darah. Dalam hal ini maka cara yang harus dilakukan yaitu dengan menggunakan suntik gormon insulin untuk dpat mengatur gula dalam darah. Untuk tipe kasus seperti ini biasanya meyerang anak-anak dan remaja muda.

• Diabetes Tipe Dua

Untuk tipe ini hormone insulin tidak mencukupi dan tidak bisa digunakan secara maksimal. Umumnya, untuk tipe ini, ada sebanyak 90% kasus di alami oleh pria dengan usia 40 tahun lebih, memiliki tubuh gemuk dan penyakit turunan keluarga yang juga memiliki penyakit Diabetes juga.

kegemukan diabetes

Bagaimana Cara Mengetahui Penyakit Diabetes Datang

Penyakit Diabetes datang dengan banyak penyebab. Adapun penyebab penyakit Diabetes datang dikarenakan gaya hidup yang tidak seimbang dan sesuai. Hal ini akhirnya berakibat pada tubuh yang melemah karena penyakit Diabetes yang datang. Apabila ingin mengetahui tubuh kita terserang Diabetes atau tidak, maka bisa menyimak info berikut ini :

• Haus Dan Banyak Minum

Ciri-ciri dari seseorang yang mengalami Diabetes yaitu seringkali merasa kehausan atau memiliki nafsu untuk minum dengan banyak. Jika terjadi hal ini, maka ada baiknya pastikan kesehatan pada dokter.

• Banyak Makan

Seseorang yang memiliki penyakit gula darah umumnya memiliki nafsu makan yang tinggi.

Mungkin banyak orang tua yang merasa senang jika anaknya memiliki nafsu makan yang besar, namun hal ini bukanlah hal yang patut dibanggakan karena dengan adanya anak memiliki nafsu makan yang besar bisa terjadi resiko penyakit gula darah.

• Mata Kabur

Menderitai penyakit gula darah biasanya terlihat pada mata yang buram atau kabur. Sebagian orang salah mengartikan Diabetes dengan penyakit pusing yang juga memiliki gejala yang sama, yaitu mata kabur.

• Mudah Mengantuk

Pernahkan melihat seseorang yang mudah sekali mengantuk?

Hal ini bisa jadi tanda suatu penyakit Diabetes yang mana terlihat dari aktivitas seseorang yang suka mengantuk.

Dalam hal ini, tentunya sangat mengganggu aktivitas seseorang yang khususnya sedang dalam melakukan pekerjaan harian.

• Luka Lama Menjadi Sembuh

Banyak orang yang mungkin merasa sangat gembira ketika melihat luka pada tubuh secara tiba-tiba hilang begitu saja.

luka susah sembuh karena diabetes

Hal ini bukanlah menjadi hal yang digembirakan, karena bisa saja itu merupakan gejal dari Diabetes yang secara cepat harus ditangani.

Adapun gejala-gejala yang disebutkan diatas merupakan gejala yang umum terjadi dan belum bisa dipastikan kebenarannya.

Ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan lebih lanjut pada ahlinya yang dengan jalan periksaan laboratorium.

Artikel terkait : Kencing manis apa penyebabnyan 

Siapa Saja Yang Dapat Menderita Diabetes

Semua orang bisa mengalami Diabetes, akan tetapi untuk mereka yang memiliki keluarga yang mengidap Diabetes, maka besar kemungkinan bahwa keturunannya juga akan mengalami penyakit yang sama.

Tak hanya riwayat dari keluarga saja, tetapi juga banyak penyebab penyakit Diabetes lainnya yang merupakan factor resiko dari kelebihan berat badan atau gemuk, pola makan yang tidak seimbang, darah tinggi serta aktifitas sehari-hari yang terlalu berat.

Seseorang yang sudah berusia 4 tahun lebih dan obesitas maka besar kemungkinan akan menderita Diabetes, karenanya perlu untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

Bagaimana Cara Untuk Memastikan Bahwa Seseorang Benar Mengidap Diabetes

Untuk memastikan seseorang menderita Diabetes, maka salah satu cara yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan diagnosa dokter. Umumnya untuk pemeriksaan akan terjadi hasil seperti berikut ini

• 126 mg/ dl, yang artinya gula darah besar

• 200 mg/dl, yang artinya gula darah semakin besar

• Gula darah dalam waktu 2 jam sesudah pemberian glukosa sebanyak 75 gram dan dapat memberikan hasil lebih besar atau yang bisa disamakan dengan gu;a darah sebesar 200 mg/dl.

Jika seseorang memiliki gejala penyakit gula darah yang umum seperti sering kencing, banyak makan, terlalu banyak minum, mata buram dan sering kecapean serta badan menjadi lemas, maka dengan satu kali pemeriksaan saja sudah bisa memastikan seseorang menderita penyakit diabetes atau tidak.

Namun, jika tidak memiliki gejala sama sekali maka harus di lakukan pemeriksaan sebanyak 2 kali untuk memastikan seseorang menderita penyakit gula darah atau tidak.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Pre Diabetes?

Banyak orang yang belum mengetahu tentang penyakit gula darah atau Diabetes.

Namun untuk sampai kepada tahap yang lebih serius terdapat penyakit pre Diabetes yang merupakan suatu keadaan dimana gula dalam darah lebih tinggi dibandingkan dengan orang normal pada umumnya, namun belum termasuk dalam tahap yang parah yang bisa dijadikan dalam kategori Diabetes.

Seseorang yang memiliki pre Diabetes umumnya disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi berat badan atau diet serta menghindari makan-makanan yang mengandung manis. Dengan pola hidup yang sehat, maka penyakit gula darah bisa hilang dan gula bisa normal kembali sehingga tidak berakibat pada tahap yang lebih serius.

Hal Apa Saja Yang Dapat Menyebabkan Komplikasi Diabetes Bisa Terjadi ?

Banyak hal yang menjadi alasan yang menjadi perhatian mengapa sangat diperlukan seseorang yang memiliki penyakit Diabetes untuk secara rutin melakukan pemeriksaan.

Hal ini dikarenakan, jika tidak melakukan control gula dalam darah, maka akan terjadi komplikasi Diabetes Melitus seperti penyakit jantung, gagal ginjal , syaraf menjadi rusak serta kebutaan.

Hal ini tentunya menjadi hal yang patut untuk diperhatikan melihat adanya hal buruk yang bisa saja terjadi kapan saja tanpa disadari.

Tak hanya itu saja, dengan adanya control gula yang tidak teratur, maka berakibat pada amputasi pada salah satu anggota tubuh juga untuk pria akan mengalami yang namanya gangguan untuk ejakulasi.

Itu sebabnya, jika sudah menderita penyakit gula darah ada baiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut serta melakukan pola hidup yang lebih sehat agar penyakit tak bertambah parah.

Berdasarkan dari penelitian lebih lanjut yang dilakukan selama 10 tahun mengenai Diabetes mengatakan bahwa seseorang yang menderita Diabetes dan melakukan control gula dengan baik, maka bisa menurunkan resiko terjadinya komplikasi yang bisa saja terjadi sampai dengan 50%.

Tentunya, hal tersebut menjadi satu hal penting yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko penyakit dalam yang berkembang menjadi tidak terjangkit didalam tubuh. Selain itu juga, dengan melakukan control maka tubuh menjadi lebih sehat dan gula darah semakin berkurang.

Ada beberapa jenis Diabetes yang dikategorikan pada masing-masing arti dan juga gejalanya yaitu Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus.

Pengertian Diabetes Mellitus Atau Kencing Manis

Ada beberapa jenis dari Diabetes dan salah satunya yaitu Diabetes Melitus atau disebut kencing manis.

Diabetes Melitus adalah penyakit gula darah yang merupakan bahasa dari kata Yunani yang dapat diartikan pancuran air.

Sedangkan untuk kata dari bahasa Latin, Melitus merupakan artian dari manis.

Sehingga bisa diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu kencing manis.

Diabetes Melitus sendiri di tandai dengan adanya peningkatan gula dalam darah yang menumpuk, khususnya setelah makan.

Banyak sumber mengatakan dan mengartikan bahwa penyakit gula darah ini merupakan suatu kondisi hiperglikemia kronis yang Bersamaan dengan kelainan metabolism karena gangguan hormone, yang pada akhirnya berakibat pada terjadinya kompilkasi seperti kebutaan, gagal ginjal, jantung dan penyakit lainnya yang nantinya bisa terlihat jelas melalui pemeriksaan lebih lanjut.

Semua penyakit Diabetes Melitus mempunyai gejala yang bisa dikatakan sama dengan komplikasi tingkat lanjut.

Dengan kompilkasi penyakit yang terdapat akibat dari Diabetes Melitus tersebut dapat mengakibatkan seseorang semakin rentan terhadap penyakit dan menjadi lebih buruk lagi.

Tak hanya itu saja, komplikasi penyakit yang diterima juga dalam jangka panjang dan mengakibatkan kebutaan serta kerusakan pada syaraf.

Itu sebabnya, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan perlu penanganan cepat untuk mengatasinya.

Meskipun Diabetes bukanlah penyakit yang menular dan juga bukan penyakit keturunan yang signifikan, namun perlu juga untuk menangani penyakit gula darah secara cepat agar tak terjadi hal buruk yang tidak diharapkan.

Selain itu juga perlu pola makan yang tepat agar tubuh dalam keadaan seimbang, sehingga Diabetes bisa diatasi dengan cepat.

Gejala Diabetes Melitus Terjadi

Ada banyak gejala dari penyakit Diabetes Melitus yang bisa menjadi salah satu informasi tepat untuk bisa secara cepat menangani Diabetes. Dan berikut gejala Diabetes Melitus yang bisa disimak :

• Lemas Dan Cepat Letih
Diabetes memiliki gejala yang tidak hanya membuat penderitanya cepat mengantuk, tetapi juga badan menjadi tidak nyaman dan mudah lemas.

Hal ini dikarenakan energy yang terbatas yang dihasilkan dari tubuh.

Adanya energy yang terbatas dikarenakan adanya hirmon insulin yang sedikir, karenanya penderita Diabetes mudah lelah hanya karena sedikit mengeluarkan energy tubuhnya dan tidak bisa bekerja berat.

• Sangat Mudah Terinfeksi Penyakit

Gejala Diabetes yang selanjutnya sering dialami yaitu adanya seorang penderita yang mudah terinfeksi sehingga tak hanya mudah lelah saja yang terjadi tetapi juga terjadi masalah pada ketahanan tubuh seseorang.

Dengan ketahanan tubuh yang rendah yang dibandingkan dengan orang normal pada umumnya, maka akan berakibat pada tubuh yang mudah terinfeksi penyakit dalam.

Dan biasanya, penderita Diabetes mengalami infeksi pada saluran lambung atau kemih.

Itu sebabnya, selalu jaga kondisi kesehatan untuk tetap dalam keadaan baik dan stabil.

• Buang Air Kecil Terus Menerus

Gejala pada penyakit Diabetes yang selanjutnya yaitu dirasakan pada seringnya buang air kecil terus menerus, khususnya pada saat malam hari.

Alasan mengapa seseorang sering buang air kecil terus menerus yaitu karena adanya aktivitas minum secara berlebihan akibat dari keringnya tenggorokan.

Dan ketika seseorang menderita Diabetes, maka seseorang sangat mudah untuk minum karena rasa haus akibat dari penyakit.

• Air Seni Terdapat Kotoran

Akibat dari Diabetes bisa dilihat dari Air seni yang dihasilkan mengeluarkan kotoran didalamnya.

Hal ini bisa dijadikan hal tepat jika ingin mengetahui secara jelas bahwa Diabetes terjadi atau tidaknya yang bisa dilihat dengan keluarnya kotoran bersama urine.

Jika terdapat kotoran, maka ada baiknya lakukan pemeriksaan dokter.

• Makan Berlebihan

Dalam hal ini tak sama dengan kasus seseorang yang memiliki tubuh gemuk dan ingin makan banyak. Jika terjadi makan yang tidak bisa dikontrol dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa seseorang mengalami Diabetes.

Untuk hal yang harus dilakukan yaitu dengan penanganan tepat yaitu dengan membatasi makan serta lakukan pemeriksaan untuk hal pasti.

Adanya peningkatan makan yang berlebih juga diakibatkan dari kurangnya insulin dalam tubuh, sehingga bisa dengan mudah cepat lapar.

• Berat Badan Yang Turun
Akibat dari Diabetes yang sering terjadi bukan dari aktivitas makan yang banyak saja, tetapi juga adanya berat badan yang semakin turun.

Hal ini ditunjukkan pada perut yang mengempis serta kaki yang semakin mengecil.

• Adanya Gangguan Pada Penglihatan

Diabetes membawa pengaruh yang cukup buruk, terutama pada penglihatan.

Diabetes akan bertambah kian para apabila tidak dilakukan secara tepat dan cepat. Salah satu hal buruk yang terpengaruh karena Diabetes kian parah yaitu dengan adanya gangguan pada penglihatan.

Agar tidak bertambah buruk, maka segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada ahlinya.

Gejala dari Diabetes Melitus bisa saja dihilangkan jika pola hidup yang lebih sehat diterapkan.

Ada juga berbagai obat yang bisa menangani Diabetes secara cepat, namun hal itu tetap harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada ahlinya.

Yang pasti untuk mengatasi Diabetes Melitus dengan cepat, maka cara yang harus dilakukan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari makanan manis serta menjauhi rokok dan minuman beralkohol.

Dengan cara itu maka bisa Diabetes bisa disembuhkan dengan cepat dan tanpa khawatir kesehatan yang kian buruk.

Pengertian Diabetes Insipidus

Banyak orang mengira bahwa Diabetes Insipidus memiliki kesamaan dengan Diabetes Melitus.

Hal ini sesungguhnya mengacu pada kondisi yang mengakibatkan terjadinya peningkatan air seni yang dihasilkan.

Dan penyakit Diabetes Insipidus ini merupakan penyakit yang sering membuat penderitanya buang air kecil.

Dengan adanya penyakit ini juga akan mengakibatkan pada rasa haus yang berlebih dari orang normal pada umumnya dan terus-menerus minum.

Adapun penyebabnya sendiri karena masalah pada hormone tertentu. Bisa dikatakan bahwa penyakit ini tidak bisa ditangani untuk pembatasan minumnya dan terus menerus ingin minum.

Diabetes Inspidus adalah suatu masalah yang berhubungan dengan adanya hormone reseptor dari hormon.

Dan hormon ini dihasilkan dari suatu bagian otak yang dinamakan hipotalamus yang secara teratur disimpan pada kelenjar otak.

Dan pelepasan hormon inilah yang pada akhirnya mengakibatkan ginjal berusaha sekuat mungkin untuk bisa menahan air yang diminum sehingga menjadikan urin menjadi lebih dominan.

Secara normal, apabila kita merasa haus ataupun sedikit dehidrasi, maka kadar hormon tersebut akan semakin meningkat dalam jumlah banyak.

Ginjal sendiri disini berperan untuk menyerap kembali banyak air dan dapat mengeluarkan air seni yang cukup pekat.

Namun, apabila Anda minum banyak air, maka kadar hormin ADH akan menurun dan dapat mengakibatkan air seni yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan encer.

Ada beberapa masalah yang berhubungan dengan hormon ADH yang merupakan penyebab dari Diabetes Insipidus. Yang pertama, hormon yang dihasilkan sangat sedikit.

Bisa dikatakan, penyebab dari adanya hal ini disebut dengan penyakit Diabetes Insipudus Central.

Sedangkan yang kedua yaitu karena hormon ADH yang dihasilkan mencukupi kebutuhan didalamnya, akan tetapi ginjal tidak merespon secara tepat.

Dan keadaan ini disebut dengan penyakit Diabetes Inspidus Nefrogenik.

Dan dari kedua hal ini maka bisa disimpulkan bahwa penyakit Diabetes Insipidus memiliki perbedaan dalam merespon. Adapun untuk persamaan diantara keduanya yaitu dilihat dari hasil yang diberikan sama.

Dan keduanya menyebabkan ginjal tak mampu untuk melaksanakan tugasnya untuk menahan urine untuk keluar.

Bahkan ketika seseorang yang menderita Diabetes Insipidus yang mengalami dehidrasi dan ginjalnya bisa tetap untuk menghasilkan urine yang lebih banyak dan lebih encer.

Khusus untuk Diabetes Insipidus Nefrogenik, yaitu keadaan yang bisa dialami dari sejak lahir dikarenakan kelainan dari genetic yang dapat mengubah fungsi dari ginjal untuk memproduksi air seni.

Umumnya untuk Diabetes Insipidus Nefrogenik diderita oleh kaum laki-laki, akan tetapi untuk seorang wanita bisa saja menurunkan penyakit tersebut kepada turunannya.

Sehingga siapapun bisa mendapatkan penyakit ini tanpa memandang usia dan gender seseorang. Lain halnya dengan kasus Diabetes Insipidus Central, yang menjadi penyebab dari adanya kerusakan pada kelenjar otak atau yang biasa disebut dengan Hipotalamus.

Dan kerusakan sendiri juga bisa dikarenakan adanya operasi, radang, tumor, dan juga cedera pada kepala.
Komplikasi Yang Dapat Terjadi Akibat Diabetes Insipidus

• Rasa Haus Berlebihan

Dengan adanya Diabetes Insipidus maka dapat mengakibatkan tubuh menjadi kurang cairan yang mencukupi untuk bisa bekerja dengan baik dan apabila hal ini dibiarkan dengan waktu yang lama, maka hal tersebut akan mengakibatkan penderita mengalami dehidrasi.

Tentunya dengan rasa haus yang berlebihan, maka dapat mengakibatkan seseorang akan terus menerus minum air dan menjadikan aktivitas buang air kecil menjadi terlalu sering.

• Elektrolit Yang Tidak Seimbang

Elektrolit merupakan butiran mineral dalam darah seperti potassium dan juga sodium yang dapat mempertahankan keseimbangan mineral dalam tubuh.

Hal yang paling penting untuk siapapun yang mengidap penyakit Diabetes Insipidus yaitu dengan mencegah adanya komplikasi penyakit yang serius seperti misalnya rasa haus yang berlebihan.

Dan untuk menangani hal ini maka salah satu cara yang tepat yaitu dengan melakukan tindakan medis untuk bisa mengatasi masalah yang merupakan akibat dari penyakit ini terjadi.

Ada baiknya untuk membicarakan dengan dokter ahli untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit Diabetes yang sudah serius agar penanganannya lebih cepat.


Yuk Bagikan Agar Teman-teman Kalian Mengetahuinya

Comments on this entry are closed.