≡ Menu

Penyebab, Jenis dan Cara Mengobati Jerawat

Apakah jerawat dan penyebab jerawat adalah permasalahan bagi anda saat ini? Jerawat sudah anda obati namun malah makin meradang?

Sudah datang ke berbagai klinik dan dokter di sekitar rumah anda, namun jerawat tidak kunjung hilang?

Young teenage girl looking pimple on her face in a mirror, concept problem on skin

Bagi anda yang mengalami permasalahan seputar jerawat kecil, bruntusan, bahkan jerawat batu, yuk pahami dulu apa itu jerawat?

Pemahaman tentang jerawat ini sangatlah penting, bagi anda yang mengalaminya atau pun tidak mengalaminya. Kenapa demikian?

Jika anda sudah mengalami atau pernah merasakan tumbuhnya jerawat maka ini adalah saat yang tepat untuk mengetahui solusi pemusnahan dan pembersihan jerawat.

Namun, jika anda belum mengalaminya atau tidak mengalaminya, hal ini dapat membantu orang- orang tersayang di sekitar anda yang mengalami dan mengeluh- eluhkan mengenai jerawat yang ada pada wajahnya.

Yuk, kita kenali jerawat terlebih dahulu!

Apa itu jerawat?

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang pada awal kemunculannya ditandai dengan adanya beberapa bintik-bintik merah di sekitar tubuh, leher, pungung, wajah bahkan di dada.

Bintik atau jerawat kecil yang masih tahap awal ini biasanya berkisar dari kecil sampai besar bahkan bisa menjadi nanah.

Nah, umumnya permasalahan jerawat yang paling banyak dikeluh- keluhkan adalah jerawat yang ada pada wajah kita, namun jerawat yang ada di bagian tubuh lain selain wajah sebenarnya juga sangat perlu diperhatikan dan dilakukan perawatan berkala, lho.

Jerawat biasanya kita kenali saat wajah dalam  keadaan kurang baik atau fresh. Keadaan di mana kulit wajah anda yang memiliki pori- pori tersebut terbuka dan terjadinya penyumbatan sehingga meradang.

Perubahan hormonal yang terjadi pada seorang manusia adalah penyebab terbesar timbulnya jerawat ini.

Wah, simpel sekali ya penyebabnya!

Jerawat ini bisa kumpul kapan saja, dan di mana saja tanpa peduli aktivitas yang sedang anda alami, sehingga perlu sekali adanya cara menghilangkan jerawat itu.

Untuk anda yang mengalami permasalahan jerawat ini, tentu sangat sedih dan bahkan sampai bingung bagaimana mengatasi permasalahan kulit ini dengan benar.

Apalagi jika jerawat tersebut tumbuh dengan banyak di wajah, hal ini tentu dapat menggangu penampilan anda saat ini.

Sudahkah anda tahu kenapa jerawat ini menjadi permasalahan yang paling banyak di dunia?

Sekecil apa pun jerawat yang ada pada wajah kita, itu merupakan permasalahan besar yang harus segera dituntaskan. Kebanyakan orang merasa minder jika jerawat kecil itu muncul di dahi, pipi, hidung.

Bahkan jerawat yang parah dapat mengakibatkan flek hitam, sehingga kita perlu mengetahui cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Dan apakah kalian tahu, bahkan jerawat yang kecil justru memiliki beban sakit yang jauh lebih banyak dari jerawaty yang besar? Kebayang kan kalau ada banyak jerawat kecil yang  menempel di muka anda?

Jenis-Jenis Jerawat

Permasalahan jerawat yang akhir- akhir ini menjadi booming lagi di kaum remaja bisa dibilang merupakan siklus yang sudah pasti.

Jerawat dan remaja akan identik dengan puberty, namun di samping hal tersebut ada banyak sekali jenis jerawat yang bisa anda temui di mana-mana.

Apa? Ya, jenis nya banyak, penyebabnya banyak sehingga kita merasa ingin segera mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat. Siklusnya banyak sehingga banyak juga jenisnya.

Jenis jerawat yang paling banyak di temui di Indonesia adalah jerawat biasa.

Jerawat Biasa

Jerawat ini mudah dikenali karena bentuknya yang kecil tapi bermata putih, maksudnya di dalam jerawat tersebut terkandung cairan putih dan kemerahan yang menjadi ciri khas jerawat ini.

Nah, tersumbatnya pori- pori sehingga terjadi jerawat biasa ini ternyata juga bisa disebabkan karena bateri yang biasa di sebut dengan propionibacterium acne.

Bakteri tersebut hidup di bagian wajah anda yang memproduksi lemak yang banyak  sehingga anda juga disarankan untuk tetap berhati- hati dalam mengambil sikap, karena bakteri ini dapat menimbulkan iritasi juga.  Jerawat yang selanjutnya adalah jerawat batu.

Jerawat Batu

Kenapa dinamakan dengan jerawat batu?

Jerawat ini mirip dengan batu karena ukurannya yang sangat besar dibandin dengan jerawat pada umumnya. Jerawat ini berwarna merah pekat, bisa meradang dan meninggalkan bekas jika salah melakukan perawatan.

Orang yang menderita jerawat ini biasanya memproduksi kelenjar minyak yang berlebihan dan jerawat jenis ini juga merupakan jerawat yang parah sehingga anda yang menderita jerawat ini sebaiknya berkonsultasi dan memilih penanganan yang tepat.

Jerawat Vulagis, jerawat ini masih jarang ada di Indonesia.

Biasanya jerawat jenis ini ditandai dengan adanya erupsi komedo yang terbuka lebar dan kulit wajah yang bersisik.

Perubahan hormonal, kelebihan produksi minyak, dan kesalahan penggunaan kosmetik adalah penyebab dari jerawat ini.

Jenis jerawat yang tidak kalah menyedihkan adalah jerawat jenis Nitrosica, jerawat ini sangat mengerikan karena dapat menyebabkan lubang pada kulit wajah anda jika dibiarkan begitu saja!

Nah, jenis jerawat yang terakhir adalah jerawat Rosacea.

Jerawat Rosacea

Jerawat ini pada awalnya ditandai dengan adanya warna kemerahan di sekujur wajah terutama pipi dan menimpulkan sisi pada lipatan hidung.

Umumnya jerawat ini diderita oleh wanita yang bersia 30 sampai 50 tahun.

Jenis terakhir yang paling mudah ditemui di wajah anda adalah jerawat jenis komedo, walaupun terlihat bukan dikategorikan sebagai jerawat pori- pori yang tersumbat, dapat membuat komedo black head (terbuka) membesar sehingga komedo tersebut menghitam, sedangkan komedo yang white head (putih) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori- pori sehingga seperti terdapat tonjolan putih kecil.

Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Kulit Anda

Jerawat lagi, jerawat lagi.

Jika itu yang terus menerus anda keluhkan maka saat ini kepercayaan diri anda akan segera kembali lagi setelah membaca ini.

Disini, anda akan mengetahui bagaimana cara yang ampuh dan manjur digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat yang ada pada wajah anda.

Entah itu jerawat biasa, jerawat batu atau pun jerawat- jerawat yang parah lainnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi permasalahan jerawat yang ampuh!

  1. Bersih dalam Menggunakan Peralatan Make Up

Langkah awal yang sangat tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat ini adalah mengenai peralatan kosmetik anda.

Kenapa hal tersebut penting?

Umumnya anda cenderung menggunakan peralatan make up atau wajah anda secara terus menerus.

Penggunaan peralatan make tersebut tanpa di sadari dapat menyebabkan terjadinya jerawat pada wajah anda.

Jerawat bisa saja timbul karena adanya endapan kotoran dari sisa- sisa make up yang menempel pada peralatan anda, seperti brush, beauty blender, kuas palete, penjepit bulu mata dan masih banyak lagi.

Anda harus sering- sering membersihkan atau mencuci semua peralatan itu agar peralatan yang anda gunakan steril dan bebas dari bakteri yang bersarang di dalamnya.

Anda bisa menggunakan sabun batang untuk mencuci peralatan tersebut.

Cukup oleskan perlahan – lahan peralatan yang sudah di gunakan pada sabun anda.

Setelah itu bilas peralatannya, lakukan berkali- kali sampai kotoran sisa make up yang ada para peralatan make up hilang dan noda yang ada sudah bersih. Mudah kan?

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Nah, ini hal yang selalu anda lakukan saat mandi, sebelum tidur, akan memakai make up kan?

Membersihkan wajah merupakan hal wajib dan paling mudah untuk diterapkan karena hal tersebut merupakan gaya hidup yang sudah anda jalani saat ini.

Rawatlah kesehatan yang ada pada wajah anda dengan membersihkan wajah anda minimal dua kali sehari dengan pembersih (sabun cuci muka) yang cocok dengan wajah anda,

jika anda sedang mencoba produk kosmetik baru dan langsung menimbulkan jerawat, ada baiknya anda berhenti melakukan pembersihan dengan menggunakan produk tersebut.

Kalau bisa pilih pembersih dengan kandungan bahan- bahan alami sehingga sangat cocok bagi wajah anda.

Sudah banyak klinik kecantikan yang menjual face care dengan kandungan bahan alami di dalamnya.

  1. Hidup Sehat

Hidup sehat?

Ya, benar sekali.

Melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan- makanan sehat anti fast food dan menjaga pola makan dengan tidak makan berlebihan akan dapat membantu menjaga agar jerawat tidak muncul dan tidak akan muncul.

Hal ini dipercaya banyak orang karena makanan- makanan yang tidak baik bagi tubuh akan berinteraksi pada wajah, sehingga akan terjadinya jerawat kecil yang semakin lama semakin banyak.

  1. Rajin Berolah Raga

Apakah olah raga dapat mempengaruhi hormon yang ada pada tubuh kita?

Tentu saja olahraga mempunyai peranan penting dalam keidupan sehari – hari yang dapat berdampak bagi masa depan atau pun masa kini.

Ternyata dengan rajin berolahrga kta dapat menyeimbangkan hormon dan mengurangi stress yang dapat menimbulkan jerawat.

  1. Jangan Pernah Memencet atapun Menyentuh Jerawat!

Jangan pernah melakukan hal ini, karena kita tidak tahu bakteri jenis apa saja yang melekat pada tangan kita. Sehingga jangan pernah lagi melakukan hal itu.

Tangan yang kotor dan terjadinya jerawat pada wajah kita bisa saja menjadi hal yang sangat fatal jika kita tambah dengan memenceti jerawat yang ada pada wajah kita.

Bukannya sembuh, jerawat justru malah akan meradang dan semakin parah.

Sudah baca kan cara ampuh mencegah timbulnya jerawat di atas?

Cara- cara tersebut dapat anda terapkan perlahan- lahan dan tentunya segala usaha yang anda lakukan selama ini untuk menangani permasalahan jerawat tetap bergantung pada diri anda sendiri.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Emmm, rasanya kurang lengkap bukan jika kita sudah mengetahui bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat pada wajah kita tanpa mengetahui cara menghilangkan jerawat itu sendiri.

Menghilangkan jerawat sebenarnya mudah- mudah gampang kok. Kita akan berusaha menerapkannya dengan menghilangkan penyakit tersebut secara alami. Cari tahu yuk bagaimana caranya!

  1. Baking Soda

Baking soda umumnya dipakai sebagai bahan kue yang terkenal di kalangan pastry yang berfungsi sebagai bahan pengembang adonan kue.

Tapi tahukah kalian fungsi dari baking soda yang dapat menetralkan keasaman kulit pada wajah anda?

Fungsi dan kegunaan baking soda ini dapat mengurangi pembentukan jerawat karena sifat baking soda yang menetralkan maka bakteri yang ada pada jerawat pun tidak mampu untuk hidup lebih lama.

Cukup campur 3 sendok baking soda dengan 1,5 sendok air kemudian campurkan. Setelah tercampur oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan kurang lebih 10 – 15 menit.

  1. Mentimun

Sayuran ini biasanya kita beli untuk lalapan pelengkap masakan rumah, akan tetapi kasiat mentimun ini sangat luar biasa bagi kulit kita.

Dengan kandungan mineral, asam amino, vitamin C dan aktioksidan mentimun memiliki kasiat untuk mengeluarkan racun dari tubuh sehingga ketika racun- racun tersebut keluar otomatis jerawat bersih dan sekaligus kulit wajah anda menjadi lembab.

Penggunaannya cukup mudah untuk diterapkan, yaitu potong kecil- kecil mentimun seperti akan dibuat lalapan lalu taruh irisan mentimun tadi di wajah anda secara menyeluruh seperti menggunakan masker. Tunggu sampe kandungan dalam air mentimun menipis dan agak kering.

  1. Masker Telur dan Jeruk Nipis

Telur ini sebenarnya banyak kasiatnya, namun untuk menghilangkan atau mengecilkan pori- pori pada wajah untuk menghindari tumbuhnya komedo.

Penggunaan telur ini cukup diambil putih telurnya saja, setelah itu lalu peras jeruk nipisnya dan campur dengan putih telur tadi.

Oleskan perlahan- lahan pada seluruh bagian wajah.

Diamkan kurang lebih 15 menit dan tunggu sampe mongering, setelah itu bersihkan dengan air hangat.

  1. Cuka Apel

Cuka apel ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat walaupun bau yang ditimbulkan oleh cuka apel ini sangat menyengat dan tidak enak.

Adanya kandungan asam malat dan asam laktat, cuka apel ini dapat mengangkat persebaran sel kulit mati serta antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cukup oleskan sedikit saja cuka apel yang sudah dicampur dengan air tadi ke wajah anda.

Perlu diketahui bahwa jangan menggunakan tangan saat mengoleskan cuka apel, bisa menggunakan cutton bud atau kapas agar steril.

Setelah itu diamkan selama 20 menit dan bilas lagi dengan air hangat.

  1. Buah Alpukat dan Madu

Alpukat biasanya sangat enak untuk diolah menjadi jus atau di makan langsung, akan tetapi tidak kalah juga fungsinya untuk mengatasi permasalahan jerawat yang ada pada wajah anda.

Alpukat dan madu merupakan pilihan yang tepat karena alpukat yang kaya akan kandungan vitamin E dan madu yang mengandung hydrogen peroksida yang bersifat menghilangkan bakteri.

Cara penggunaannya adalah ambil beberapa alpukat dan ambil dagingya saja, setelah itu haluskan daging alpukat tersebut.

Kemudian setelah halus, anda campurkan satu sendok madu murni ke adonan tadi sampai benar- benar merata.

Aplikasikan adoan alpukat dan masket ini seperti penggunaan masker pada wajah anda dan diamkan sampai kering, kurang kelih 10 – 15 menitan. Lalu, setelah itu bersihkan muka anda dan bilas dengan air hangat.

  1. Lemon

Lemon berbeda dengan jeruk nipis, lho ya! Kandungan asam askorbat yang ada dalam lemon dapat mengurangi peradangan jerawat dan membersihan pori-pori dari komedo.

Walaupun saat penggunaannya sangat perih, jika terjadi luka pada jerawat.

Namun, kasiatnya dinilai sangat ampuh dan cepat hasilnya.

Cukup siapkan satu buah lemon utuh, potong jadi dua dan peras airnya. Setelah itu oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan rasakan hasilnya.

Sisa air lemon yang masih banyak bisa digunakan untuk esoknya, sehingga anda bisa menyimpannya di kulkas untuk digunakan kembali.

Mengatasi perkembangan dan pemusnahan jerawat yang ada pada wajah kita memang penting.

Oleh karena itu, kita harus rajin membersihkan diri dan wajah agar terhindar dari jerawat tersebut.

Hindari pula stress karena dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Obat Jerawat Ampuh

Kamu bisa mencoba produk dari HerBeauty yang mempunyai 5 Varian dan untuk berbagai jenis kulit, sudah ada BPOMnya. Bukan cuma itu aman untuk di gunakan di Kulit

Yuk Bagikan Agar Teman-teman Kalian Mengetahuinya

Comments on this entry are closed.